Kampanye sebagai serangkaian
kegiatan komunikasi yang terorganiasi dengan tujuan untuk menciptakan dampak
tertentu terhadap sebagian besar khalayak sasaran secara berkelanjutan dalam
periode waktu tertentu ( Rogers dan Storey
(1987). Jadi
kampanye merupakan salah satu komunikasi jadi terdapat 6 unsur yang harus
dipenuhi sebagai berikut :
- Komunikator (source).
- Pesan (message).
- Media/saluran (channel)
- Komunikan (receiver)
- Umpan Balik ( Feedback )
- Dampak (effect)
Pengertian :
1. Komunikator (source)
Komunikator
adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam proses komunikasi.
Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang
berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Komunikator tidak
hanya berperan sebagai pengirim pesan saja, namun juga memberikan respons dan
menjawab pertanyaan yang disampaikan sebagai dampak dari proses komunikasi yang
berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung.
2. Pesan (message).
Pesan
merupakan keseluruhan apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan dapat berupa
kata-kata, tulisan, gambaran atau perantara lain. Pesan ini memiliki inti,
yakni mengarah pada usaha untuk mengubah sikap dan tingkah laku komunikan. Inti
pesan akan selalu mengarah pada tujuan akhir komunikasi itu.
3. Media/saluran (channel)
Sarana
komunikasi/channel biasa disebut dengan media yang digunakan sebagai penyalur
pesan dalam proses komunikasi. Pemilihan sarana/media dalam proses komunikasi
tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan.
4. Komunikan (receiver)
Komunikan
merupakan penerima pesan atau berita yang disampaikan oleh komunikator.
Komunikan bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelompok. Dalam
proses komunikasi, komunikan adalah elemen penting karena dialah yang menjadi
sasaran komunikasi dan bertanggung jawab untuk dapat mengerti pesan yang
disampaikan dengan baik.
5. Umpan balik (feedback)
Umpan
balik dapat dimaknai sebagai jawaban komunikan atas pesan yang disampaikan oleh
komunikator kepadanya. Pada komunikasi yang dinamis, komunikator dan komunikan
terus menerus bertukar peran.
6. Dampak (effect)
Dampak
merupakan efek perbedaan yang dialami oleh komunikan sebelum dan sesudah
menerima pesan. Bila sikap dan tingkah laku komunikan berubah sesuai dengan isi
pesan maka komunikasi telah berjalan dengan baik. Dampak/efek sesungguhnya
dapat dilihat dari opini individu, opinipublik maupun opini secara luas. Namun
semuanya mengarah kepada perubahan yang terjadi pada komunikan setelah menerima
pesan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar